MEMANJAKAN LIDAH DENGAN LELE SAURUS SAMBAL TIRAM



Biasanya, ukuran ikan lele yang biasa dimasak di warung - warung makan, hanya satu kilogram berisi 8 ekor lele. Namun di Warung Makan Lele Saurus di kawasan Jalan Menteri Supeno 86 Umbulharjo, Yogyakarta, ikan lele besar seberat 1 kilogram, dimasak utuh. Menu ini kemudian di namakan masakan lele saurus . Dinamakan lele saurus karena ukuran lele yang dimasak sangat besar.

Selama ini, lele ukuran besar sangat jarang dijual untuk dikonsumsi. Namun, Andreas, sang pemilik warung ingin memberikan warna baru dan ingin mengangkat lele secara modern, dengan menu dan pengolahan yang cukup berbeda pula. Apalagi, cara memasaknya pun berbeda, yakni di goreng dengan sambal tepung saos tiram.

Konsep bisnis Lele Saurus memang sengaja mengangkat lele sebagai ikon utama, sehingga memiliki nuansa natural dan pedesaan yang kental. Konsep ini sekaligus mematikan mitos yang beredar bahwa lele berukuran "raksasa" alias jumbo cita rasanya akan hambar, tak semanis atau segurih lele berukuran kecil yang muda usia. Padahal kandungan protein dan rasanya, sangat jauh berbeda.

Cara memasak nya pun, sangat mudah. Lele ukuran besar dengan berat antara 7 ons sampai 1 kilogram per ekornya diambil langsung dari kolam, sehingga masih segar. Setelah disembelih dan dibersihkan, , pada badan lele yang terdapat daging yang tebal diiris kecil-kecil.

Irisan daging lele dan badan lele diberi bumbu yang sudah dihaluskan, kemudian diberi tepung hingga rata dan digoreng sampai matang. Badan lele dan potongan daging lele yang sudah digoreng, ditiriskan dan segera dihidangkan, ,

Dalam menyajikan masakan lele saurus goreng tepung, dilengkapi dengan saos sambal dan saus tiram. Lele saurus goreng tepung telah siap dihidangkan, ,

Rasa daging lele saurus goreng tepung sangat enak dan gurih. Apalagi pada bagian kepala lele, sangat renyah.

Harga setiap porsinya tergantung dari berat lele yang dimasak, dan sangat terjangkau, antara 8 ribu rupiah sampai dengan 15 Ribu Rupiah.

Selain lele saurus goreng tepung, ada sekitar 32 menu masakan lele di restoran ini. Di antaranya menu lele lombok ijo, lele saus tiram, lele balado, lele asam manis, dan mangut lele. Sesuai dengan nama merek usahanya, Lele Saurus, menu di resto ini merupakan lele ukuran jumbo dengan berat antara 5 ons hingga 2 kilogram.