Tampil Perdana Langsung Juara

DALAL MUSLIMIN
BERFOTO - Nanik dan Anis Merah 'Sarkali' berfoto usai latihan.

Tampil Perdana Langsung Juara

KEDUNGWUNI - Meskipun tampil perdana Anis Merah (AM) 'Sarkali' mampu menjadi juara A dalam latihan berhadiah di Paesan Kedungwuni, Jumat (6/5).
AM milik Nanik asal Logaten Rt 07 Rowokembu Wonopringgo ini bisa menjadi jawara, karena mampu tampil maksimal, hingga teler sebagai salah satu khas AM saat digantang. "Tadi sampai teler dan doyong serta bersuara kencang," katanya.
Dikatakan, AM miliknya mampu nyerocos digantangan dengan suara masternya cililin dan love bird, sehingga pantas juri pun langsung melirik si 'Sarkali' itu. Dirinya sudah merawat AM umuran sekira satu tahun lebih itu, kurang lebih empat bulanan sehingga dia dapat memahami karakter burung itu. "Setelan jangkrik 2 pagi 2 sore, cacing tanah 2 minggu sekali saat pagi," imbuhnya. Sementara untuk latihan lainnya, dirinya coba melakukan penjemuran rutin 1 jam serta mandi sekali setiap sore.
Nanik menuturkan, dia suka dengan AM sebagai burung favoritnya, karena AM memiliki gaya khas ketika berada di lapangan yakni teler, sehingga terkesan unik dan menarik. Selain itu, dia juga spesialis memelihara AM hingga 15 tahunan. "AM paling gampang dan tidak bagong seperti lainnya, pakan juga standar. Dirumah ada tujuh ekor AM," terangnya.
'Sarkali' yang sudah juara itu tentunya menarik para penghobi kicauan, bagaimana jika ada yang akan membelinya. "Masih kutahan terus dan belum kulepas, sebab burung yang baru dapat dari Batang ini memiliki prospek yang bagus," pungkasnya. (dal)