Perkutut Tunjukkan Wibawa Pemiliknya

MUHAMMAD FAHMI B
KESAYANGAN - H Saiful Anwar dan pegawainya saat memberikan makan kepada perkutut kesayangan di atas mobil antiknya.

Perkutut Tunjukkan Wibawa Pemiliknya

PEKALONGAN - Bagi pecinta burung perkutut atau kung mania, pasti sudah banyak mengerti mengapa lebih memilih memelihara perkutut bila dibandingkan burung kicauan. Salah satunya, dengan memelihara hewan bersuara khas dan merdu tersebut, maka akan menunjukkan wibawa tersendiri bagi sang pemiliknya.
Hal ini diakui oleh salah seorang kung mania, H Saiful Anwar (33) warga Jalan Ki Hajar Dewantara Gang 19 Kelurahan Landungsari. Menurutnya, dengan memelihara burung perkutut maka secara otomotis akan memperlihatkan kewibawaan dirinya. Sekarang ini dia memiliki belasan burung perkutut dari jenis lokal maupun bangkok, yang secara rutin dirawatnya dengan dibantu oleh pegawainya.
"Saya mulai jatuh hati pada burung perkutut sejak tahun 2000 silam, mulanya hanya punya tiga ekor saja, namun tak berapa lama terus menambah hingga 12 ekor. Gimana ya mas, bagi saya dengan memelihara perkutut itu sebuah kebanggaan, klangenan sekaligus sebuah kewibawaan," tegasnya.
Selain itu, tambah Haji Ipul panggilan akrabnya, memelihara perkutut lebih mudah daripada memelihara burung berjenis ocehan. Sebab burung perkutut bisa dikatakan burung yang 'tahan banting' dan memiliki daya tahan tubuh prima yang akan membuat hati pemiliknya merasa tenang dan damai.
"Mudah dan murah dalam perawatan. Bila dibandingkan dengan burung ocehan yang setiap hari harus dilakukan kontrol serta pakan yang harus baru, maka perkutut lain. Bagi kebanyakan orang, asal tempat pakan dan tempat minum selalu terisi maka perkutut tidak akan membikin repot," terangnya lebih lanjut.
Meski mudah dalam perawatan, Haji Ipul tidak serta meremehkannya. Dirinya dengan hati-hati dan teliti merawat satu persatu burung perkutut miliknya. Tentunya dengan sentuhan 'tangan dinginnya', perkutut itu dirawat setiap harinya. "Meski mudah perawatan, tapi saya sangat detail dalam memeliharanya. Misalkan, ketika perkutut tampak sedikit sakit saya beri jahe. Sementara untuk menambahkan rasa hangat diberikan merica," ungkapnya memberikan salah satu tipsnya.
Sementara bagi kung mania, Haji Ipul memberikan beberapa tips agar perkutut dapat terus bernyanyi dan sehat selalu. Diantaranya dimandikan paling lama setengah bulan sekali, dua hari sekali dijemur paling lama dua jam.
"Untuk suara bagus dan plong maka diberi mrica satu butir sesudah dimandikan. Atau dengan memberikan suplemen yang banyak terdapat dipasaran. Jangan khawatir waktu memegang perkutut menjadi perkutut stres, dengan dipegang dan disayang perkutut tersebut akan lebih nurut sehingga akan sayang juga dengan empunya," pungkas pria bersarung tersebut. (ap10)