Jadi Juara, Harga Tinggi

DALAL MUSLIMIN
JUARA - "Gundala" menjadi juara MB dalam lomba di Paesan Kedungwuni.

Jadi Juara, Harga Tinggi

KEDUNGWUNI - Setiap burung yang menjadi juara dalam suatu lomba, dipastikan harganya menjadi melambung tinggi. Selain memiliki kualitas suara yang sudah teruji, burung juga sudah memiliki pengalaman dalam gantangan. Salah satunya, Murai Batu (MB) milik Abtori dari Gang Bakso Sahabat Capgawen Kedungwuni.
"Kalau sudah jadi juara, harganya menjadi tinggi. Ini Rp 10 juta," ujar Abtori sambil melihat MB juaranya.
MB yang diberi nama "Gundala" itu, menjadi juara dalam lomba Kliwonan di Paesan Kedungwuni, Jumat (22/4) kemarin. MB-nya memiliki suara tembakan khusus dari cililin yang menjadi masternya. "Gundala memiliki tembakan cililin sap tiga," jelasnya bangga.
Dirinya, sudah merawat "Gundala" sekitar setengah tahunan, sehingga mengetahui suara-suara emasnya yang biasa digunakan dalam setiap lomba. "Ini saya master dengan isian cililin, prenjak betina, love bird dan jenggot," lanjutnya.
Dikatakan, jika dirinya memperoleh MB itu dari Jakarta yang sudah memiliki kemampuan tersendiri. Setiap harinya, dia memberikan pakan khusus kepada MB-nya dengan kroto setiap harinya. "Stelannya jangkrik 2 ekor pagi sore. Jika mau tanding tambah ulat hongkong 3 ekor. Sementara untuk harian kroto, tanpa voor," bebernya.
Ditambahkan, jika Abtori sudah terbiasa memelihara dan merawat burung dari jenis Murai Batu, sehingga menjadi lebih berpengalaman dalam memilih MB yang handal. "MB Marisa itu pernah saya rawat, Pakubumi juga," pungkasnya. (dal)