Konkurs Besar Angkasa Pura Cup Tangerang 7 Juni 2009


Gelaran Konkurs Besar Angkasa Pura Cup Tangerang 7 Juni 2009 berjalan sukses dengan dihadiri kungmania tanah air dan diramaikan burung-burung yang berprestasi saat di Siliwangi Cup Tasikmalaya 23-24 Mei lalu. Secara cepat Info-Perkutut sajikan pada hari yang sama hasil konkurs serta foto-foto juara dewasa senior, dewasa yunior, piyik yunior dan piyik bulu coklat.

Panitia berhasil menjaring kurang lebih 350an peserta lomba atau sekitar 10 blok dari target awal yang hanya 8 blok. Ini membuktikan kalau perkembangan dan kemajuan perkutut di seputar wilayah Jabodetabek dan sekitarnya serta di Jawa pada umumnya sudah cukup signifikan begitu juga sehingga berpengaruh terhadap kualitas jawaranya.

DEWASA SENIOR

Seri LPI di Tangerang akhir pekan lalu (7/6) tidak disia-siakan oleh penghuni klasemen LPI 2009 para jawara langsung ngluruk ke Tangerang, mereka berasal dari Jabodetabek, Bandung, Tasikmalaya, Lampung, Madura, Surabaya, Jogjakarta, Palembang, Cirebon, Malang dan Tangerang Banten sebagai Tuan Rumah. Tapi peringkat terhormatnya nyaris di dominasi oleh jago-jago Jabodetabek hanya di kelas bergengsi Dewasa Senior saja yang luput, meski Lenggang Kangkung, Camelia, Enjoy Aja, Casandra dan Monalisa telah mati-matian memberi perlawanan.

Kesuksesan panitia dibarengi dengan keberhasilan Jamaica bergelang TPP Thai-Sel milik Hendry Wat Tasikmalaya yang menunjukkan kelasnya sebagai jawara terbaiknya. Kali ini Jamaica tampil sangat dominan sejak babak awal terus ngedor dengan lebih banyak mengeluarkan anggung suara emasnya. Kinerja Jamaica kali ini sangat atraktif, beberapa kali pukulan matinya begitu indah mengalir menyelingi kerasnya teriakan peserta di pinggir lapangan. Tak terkecuali Hendry sang empunya nampak begitu bersemangat mensupport sang debutannya yang tampil prima. Apalagi cuaca yang sangat bagus membuat kinerjanya kian sempurna hingga perjuangannya meniti singgasana juara puncak nyaris tidak ada halangan. Sementara Alzajair yang diharapkan bisa mengulang kesuksesannya kali ini hanya bisa bersanding di deretan juara 7 besar, karena kinerjanya kurang optimal. “Jamaica benar benar layak mendapatkan ini karena kinerjanya memang bagus,” kata beberapa peserta di pinggir lapangan.

Juara Dewasa Senior Angkasa Pura Cup Tangerang 7 Juni 2009
Sebetulnya kualitas jawara di tiga besar hampir seimbang, nampak dari perolehan poin yang rata-rata meraih koncer 3 warna. Termasuk pula dengan Lenggang Kangkung jago milik H.Nury Cikarang yang berada di urutan ke-2 dan diikuti Putra Mahkota jawara andalan milik HAM Pamekasan di posisi ke-3. Sebuah catatan penting bahwa masuknya Putra Mahkota dideretan 3 besar semakin memperjelas pertararungan jawara papan atas semakin seru. Pasalnya beberapa jago yang seharusnya top performa justru jeblok di Angkasa Pura Cup 2009. Sementara juara Tangerang Banten hanya diwakili oleh Enjoy Aja yang menempati posisi 8 besar, meski perjuangannya sudah cukup kuat tapi kenerjanya masih belum mampu menerobos ketatnya peringkat juara terhormat.

JAMAICA (TPP) : Hendry Wat BF Tasikmalaya
LENGGANG KANGKUNG (Putri Kuning) : H.Nury Cikarang
PUTRA MAHKOTA (Grand Master) : HAM Pamekasan
MASTER PIECE (Jupiter) : KH. Fannan Sampang
CAMELIA (New Altis) : H.Nury Cikarang
WINDU KENCANA (Toon) : Edy Santa Surabaya
ALJAZAIR (MLT) : Abay Suryana Tasikmalaya
ENJOY AJA (Rafie) : Awang NAA Cisoka
PANSER (Robby) : Suwandi/Tuslan Kadipaten
CASANDRA (RPP) : Acong/Bambang Jakarta
CITRA VAGANZA (Makita) : Titi Malang
BINTANG BAROKAH (Terminal) : H.Basiri/H.Sidik Jakarta
KALIPSO (Liong) : Awong Surabaya
MONALISA (Diva) : Rocky Jakarta
BUKAN BUKAN (SWP) : MTG Bekasi
.

DEWASA YUNIOR

Di kelas Dewasa Yunior pertarungan anggung suara emasnya, Grand Inggu (GI) yang baru tampil diajang konkurs besar langsung memukau banyak peserta lain. Sebab stylenya yang cukup spektakuler sejak babak pertama sudah kelihatan baik, dan paling menonjol diantara lainnya. Meski ini baru penampilan yang perdana bagi Grand Inggu tapi baginya nggak nampak kaku sudah langsung menyusaikan diri, pas turun lapangan langsung gacor, begitu indah dan begitu fantastis, sampai memperoleh poin tertinggi. Perlawanan hanya datang dari Putra Legenda milik Harry Sambodo yang bergelang MTG Bekasi. Tapi sayangnya, perjuangan Putra Legenda belum begitu menyengat hingga belum merubah posisinya, begitu juga dengan perjuangan Cairo milik H.Agustian MSi yang bergelang Jupiter. “Grand Inggu kali ini tampil prima, sejak babak awal hingga babak keempat fight total,” jelas Apau yang mengakui ini penampilan anyar Grand Inggu.


Juara Dewasa Yunior Angkasa Pura Cup Tangerang 7 Juni 2009
GRAND INGU (Haas) : Apau - Aloy Jakarta
PUTRA LEGENDA (MTG) : Hary Sambodo Bekasi Timur
CAIRO (Jupiter) : H.Agustian Bekasi
MUTIARA HITAM (CHI) : Dr. Lucas Jakarta
PELE JR (Pele) : Pele BF Bandung
TOMBAK RADJA JR. (Radja) : H.Edy Yusuf Palembang
GMT (Grand Master) : H.Gunawan Bangkalan
SONGKET RADJA (Kopa) : Radja BF Palembang
LUPA LUPA INGAT (Srikandi) : Tim Srikandi Bogor
BINTANG GEMILANG (Grand Master) : HAM Pamekasan
CAH GOMBONG (Yong) : Wardi/Yong Bekasi
IKA 65 (–) : Amanto Tangerang
DEWI (Terminal) : H.Her Madura
PUSPAJAYA (Ganesha) : Asep Cirebon
JABAY NIH (Dinar) : Nouky Koh, Budy Condet
(Juara Dewasa Yunior ada revisi !).

PIYIK YUNIOR

Di Piyik Yunior, Bintang Kujang kembali meraih prestasi gemilang mengulagi suksesnya di ajang Siliwangi Cup dua pekan lalu di Tasikmalaya yang juga menyabet juara pertama. Kali ini Bintang Kujang yang bergelang Prima BF Boogor secara menyakinkan berhasil meyudahi perlawanan Alap-alap Cikarang yang jadi debutan H.Nury dan Sekartaji andalan Suyono Bekasi.

Juara Piyik Yunior Angkasa Pura Cup Tangerang 7 Juni 2009
BINTANG KUJANG (Prima) : Iwan Kujang Bogor
ALAP ALAP CIKARANG (SGT) : H.Nury Cikarang
SEKARTAJI (HBC 54) : Suryono Bekasi
HYPNOTIS (Granat-Chi) : Akim S Bandung
ANGIN SURGA (JBM) : Bambang Jakarta
MIAJI (Manila) : Henry Manila Bandung
SRI RAMA (Makita) : Adrian NS Pamulang
MISTER BLACK (New Altis) : Alay Angke Jaya
AL JAZEERAH (Grand Master) : H.Agustian Bekasi
AL AMIIN (FBR) : H.Agustian Bekasi
.

PIYIK BULU COKLAT

Di Kelas Piyik Bulu Coklat, Lanceng Kanak yang merupakan debutan anyar H.Nury secara mengejutkan berhasil merebut posisi terbaik mengungguli Citra Nirwana milik Johan Nirwana Bandung.

Juara Piyik Bulu Coklat Angkasa Pura Cup Tangerang 7 Juni 2009
LANCENG KANAK (Sari murni) : H.Nury Cikarang
CITRA NIRWANA (Nirwana) : Johan Nirwana BF Bandung
SPANYOL (Cendana) : H.Iwan Jombang
DIAN SASTRO (Saba) : Saba BF Jakarta
MUSTIKA (Sahara RCTI) : Ihwan R Kebon Jeruk
CAK GOPOH (Benny) : Benny Surabaya
DEWA AMOR (Yong) : Samsury/Rosyid Bekasi
PASOPATI (Padma) : Sigit Sriyono Bandung
EMERALD ( –) : Karta Cikarang
PUTRA CITRA (WK) : Wikong Citra Jakarta
Hingga akhir acara jalannya lomba terbilang mulus dan sukses, panitia benar benar kerja sangat baik hingga tak ada kendala yang berarti sampai akhir. Meski begitu panitia mengucapkan terima kasih banyak atas partisipasi seluruh kungmania dan mohon maaf jika pada penyelenggaraan kali ini masih ada hal yang kurang berkenan di hati peserta lomba. -jaja/hen (BURUNG AGROBIS | No.478 Minggu III Juni 2009)