Tips Agar Perkutut Lomba Tampil Prima


Tips Agar Perkutut Lomba Tampil Prima

Bagi para pecinta burung Perkutut, khususnya Burung Perkutut untuk lomba, terkadang kita tidak mengerti bagaimana caranya agar burung Perkutut yang akan dilombakan tersebut dapat tampil lebih prima saat lomba.
Berikut ini beberapa hal yang perlu dipersiapkan sebelum mengikuti lomba...

Yang pertama adalah memandikan Burung dengan air cucian beras dan ditambah dengan shampoo khusus burung. Hal ini berguna agar mematikan kutu sekaligus menyegarkan burung supaya dapat tampil dengan lebih menawan. Usahakan dalam memandikannya, air dapat masuk ke sela-sela bulu.

Kedua, Setelah dimandikan, beri jamu khusus perkutut yang tanpa pengawet. Hal ini berguna agar menjaga kestabilan fisik dan suara burung supaya tetap fit.

Ketiga, beri daun Katuk agar menambah kekuatan pada fisik burung. Selain itu juga beri daun Saga muda guna menjernihkan kualitas suara burung.

keempat, Beri daun Pare Hutan yang berguna untuk menjaga metabolisme tubuh burung. Selain itu, Beri vitamin E, C dan B untuk meningkatkan vitalitas burung.

Setelah dimandikan, sebaiknya minuman burung dikosongkan. Tujuannya adalah agar jamu-jamu yang diberikan dapat meresap ke dalam pencernaan sehingga bisa berfungsi secara maksimal.

Setelah dua jam kemudian, beri minum kembali. Sore harinya jangan lupa untuk memberi makanan tambahan, yakni kacang hijau rebus yang matang. Hal ini dapat memberikan kekuatan pada burung.

Jika diperkirakan esok hari cuaca mendung, maka beri anak bawang merah yang berguna untuk menghangatkan tubuh burung Perkutut.

Sumber: www.indosiar.com