Gantangan Perkutut


Hampir semua pemilik perkutut mempunyai gantangan di rumahnya.gantangan atau kerekan adalah tiang tempat sangkar burung digantung sampai pada ketinggian tertentu. fungsinya adalah untuk melatih burung bernyanyi atau manggung.di samping memberi kesempatan burung memperoleh udara segar dan sinar matahari.

Perkutut yang digantang akan merasa gembira menikmati alam sekitarnya, yang memberi suasana lain ketika ditaruh di dalam rumah dan dengan sendirinya ia akan bernyanyi. tanpa di gantang pun sebenarnya perkutut tetap bisa bernyanyi. namun bila berada di atas gantangan ia akan lebih besar meluapkan rasa kegembiraannya.

Ada tiga macam gantangan, berdasarkan bahan yang digunakan. gantangan bambu gantangan besi, dan gantangandari pohon hidup.gantangan bambu dan besi bisa diletakkan di sembarang tempat. tetapi akan lebih baik kalau diletakkan di tempat yang tenang, tidak ramai oleh bidingnya bunyi-bunyian dan cukup jauh dari jalan besar namun ada juga orang yang menaruhnya dengan sengaja ditempat yang agak ramai tujuannya untuk melatih burung terbiasa dengan lingkungan sekitarnya.

Gantangan dari bambu dan besi tingginya 8 meter. khusus gantangan bahannya dipilih yang lurus, dan bagian bawah yang ditanam dicat dulu dengan aspal atau yang lainnya agar tak mudah lapuk. jarak antara gantangan berjahuan, sekitar 2 - 3 meter. kalau tempatnya terbatas , gantangan bisa dibuat berselang - seling,ada yang pendek ada yang tinggi.

Gantangan pohon hidup atau gantangan pendek yang terletak dekat pohon, biasanya dipakai untuk menggantung bakalan yang masih sangat muda, agar memberikan suasana yang alami pada burung itu. gantangan terbaik adalah pada dahan pohon karena biasanya perkutut liar manggungnyadi pepohonan. akan tetapi gantangan pada pohon ada kelemahannya, yakni:

- Kurang mendapat sinar matahari,sehingga burung mudah terserang penyakit pilar

- Kalau kurang teliti mengawasinya bisa diganggu semut.

- Kalau lupa membawa masuk ke dalam rumah, malamnya bisa diganggu tikus pohon.hama itu tidak cuma menyikat makanannya saja, tetapi burungnya juga dimangsa.

Menggantang perkutut dimulai ketika matahari terbit, dan diturunkan pada siang hari sekitar pukul 11.00 - 12.00 burung yang sudah jadi jangan terlalu sering di gantang,maksimal 2 kali seminggu, agar tidak jenuh. tetapi untuk bakalan, boleh digantangan setiap hari, asalkan cuacanya baik dan diturunkan sekitar pukul 11.00

Sumber : bandaraperkutut